Ketika sudah lama menikah tapi belum dikaruniai seorang anak, maka panduan cara hamil cepat setelah haid menjadi suatu hal yang penting untuk diketahui.

Dengan panduan yang benar, maka anda bisa tahu bagaimana berhubungan yang benar sesuai saran dari dokter kandungan, tahu cara tingkatkan kesuburan, hal apa yang harus dihindari dan sebagainya.

Secara umum, untuk bisa hamil ada 2 hal penting yang harus dilakukan, yaitu berhubungan secara benar, dan meningkatkan kesuburan, dan 2 hal yang harus dihindari adalah stres dan berat badan terlalu gemuk.


Berikut penjelasan keempat hal ini…

Berhubungan secara benar

Cara melakukan hubungan intim supaya mendapatkan kehamilan meliputi 2 hal, yaitu waktu saat melakukannya dan posisi.

Waktunya yaitu harus dilakukan di masa subur, karena disaat inilah sel telur yang sudah matang keluar dari ovarium ke saluran indung telur yang ditempat inilah pembuahan akan berlangsung.

Untuk tahu masa subur cukup mudah, yaitu cukup tambahkan tanggal hari pertama haid anda di bulan ini dengan 14, selanjutnya kurangi dan tambahkan dengan 3, maka itulah masa subur anda.

Misal tanggal 11 anda mulai haid di bulan ini, maka: 11 + 14 = 25; terus 25 – 3 = 22 dan 25 + 3 = 28.

Jadi masa subur anda yaitu dari tanggal 22 s/d tanggal 28.

Berhubunganlah di tanggal-tanggal tersebut dan peluang hamil anda setelah haid akan meningkat signifikan.

Perhitungan masa subur ini hanya untuk yang menstruasinya teratur 28 hari, kalau tidak teratur lihat caranya di artikel tentang cara cepat hamil setelah haid di blog tipscepathamilblog.com.

Untuk posisi berhubungan sebaiknya dilakukan dengan cara klasik, yaitu perempuan berbaring telentang menghadap ke atas, terus pria di atas wanita melakukan penetrasi.

Tipsnya adalah, ganjal pinggul anda dengan bantal agar sperma lebih cepat masuk ke saluran indung telur.

Selain itu, setelah melakukannya, tetap diposisi saat ini hingga 5 atau 10 menit, tujuannya agar tidak banyak sperma yang keluar.

Meningkatkan kesuburan

Hal kedua seputar cara hamil cepat setelah haid yang mesti diperhatikan adalah meningkatkan kesuburan.

Kesuburan yang baik merupakan keharusan untuk pria dan wanita kalau ingin agar bisa punya momongan.

Singkatnya begini, kalau kesuburan pasutri baik, maka sel telur mudah untuk berovulasi dan sperma mudah mencapai tuba falopi dan hasilnya pembuahan dapat berhasil.

Karena itu keduanya (sperma dan sel telur) harus ditingkatkan supaya anda bisa setelah haid positif hamil.

Cara terbaik untuk tingkatkan kualitas keduanya sesuai anjuran dokter ahli kandungan adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan mengandung asam folat, yaitu tauge dan kacang hijau.

Asam folat bekerja dengan cara menutrisi indung telur sehingga dihasilkanlah sel telur berkualitas, dan karena itu anda dan suami rutinlah konsumsi tauge dan kacang hijau mulai saat ini.

Stres

Sekarang kita masuk kepada pembahasan hal-hal yang menjadikan anda bisa susah hamil cepat, yaitu stres.

Saat stres, otak secara langsung memberi sinyal kepada tubuh untuk meningkatkan produksi hormon kortisol, padahal hormon ini adalah penyebab dari menurunnya kemampuan reproduksi secara signifikan.

Akibatnya siklus haid menjadi kacau, sementara salah satu faktor penunjang kehamilan bisa berhasil adalah siklus menstruasi yang normal.

Selain itu, menurut dr. Rosdiana Ramli, SpOG, dokter ahli kandungan stres akan membuat sel telur kesulitan berovulasi dan sperma susah membuahi sel telur.

Berdasarkan fakta ini, maka jangan sampai stres saat menjalani promil, alihkan pikiran anda ke hal lain yang membuat suasana hati anda lebih tenang sehingga terhindar dari stres.

Badan terlalu gemuk

Badan terlalu gemuk merupakan salah satu faktor penyebab wanita jadi susah hamil.

Sebabnya adalah karena banyaknya lemak yang menumpuk di dalam tubuh sementara disisi lain lemak ini tidak dibutuhkan.

Lemak yang tidak terpakai inilah yang kemudian mengganggu kerja dari hormon ovulasi sehingga sel telur jadi susah untuk berovulasi.

Akibatnya tidak ada sel telur yang bakal dibuahi… bagaimana bisa hamil kalau tidak ada pembuahan?

Sekarang hitunglah nilai Indek Massa Tubuh (IMT) anda, ketika di atas 25, maka itu berarti anda masuk kategori terlalu gemuk dan susah untuk hamil.

Lakukanlah DIET SEHAT untuk turunkan berat badan jika memang hasil perhitungan IMT menunjukkan angka di atas 25.

Itulah 4 hal terkait cara hamil cepat setelah haid yang penting diperhatikan ketika anda ingin punya anak.