Proses pembuatan genteng tanah liat lewat beberapa tahapan yang perlu dikerjakan dengan runtut. Tiap-tiap step dalam proses itu harus dikerjakan sebaik-baiknya untuk mengawasi kualitas serta mutunya. Mulai dari penentuan bahan baku berbentuk tanah liat, pemrosesan tanah liat sebelum dapat diolah, step pencetakan serta pembuatan genteng, pengeringan, membuat teksturnya lebih halus, pembakaran genteng tanah liat, sampai proses penyortiran.

Cara Membuat Genteng Tanah Liat Yang Benar

Cara Membuat Genteng Tanah Liat

Step 1. Penentuan Bahan Baku

Bahan baku untuk bikin genteng tanah liat pastinya ialah tanah liat. Akan tetapi tidak semua tanah liat dapat di proses jadi genteng. Anda mesti menggunakan tanah liat yang mempunyai kandungan senyawa kaolin (Al2O3 2SiO4.2H2O). Tanah liat seperti ini dapat Anda temukan di ruang lapangan, perkebunan, ladang, atau pegunungan. Cuma sisi dalam saja yang diambil, sedang susunan tanah atas (top soil) tidak dipakai sebab memiliki kandungan banyak humus.

Pemungutan tanah liat sebagai bahan baku pembuatan genteng tanah liat dapat dikerjakan dengan buang susunan tanah atas terlebih dulu. Susunan ini memiliki kedalaman sampai 100 cm. Baru lalu tanah yang ada dibawah 1 m sampai 500 m dapat digunakan. Setelah itu tanah liat dibikin bersih dari sampah yang mengotorinya. Sesudah itu, imbuhkan air, pelumas genteng (solar), pasir, serta abu merang seperlunya.


Step 2. Pemrosesan Tanah Liat

Tanah liat yang sudah dibikin bersih lalu di proses demikian rupa lewat proses penggilingan. Perihal ini mempunyai tujuan untuk membuahkan tanah liat yang bagus dengan karakter yang lebih halus serta rata. Triknya masukan tanah liat barusan ke mesin penggiling tanah spesial yang dimaksud mesin gilis. Butuh dilihat, tanah liat mesti digabung dengan abu merang, pasir, serta pelumas genteng terlebih dulu sebelum dimasukkan ke mesin ini supaya teksturnya .tidaklah terlalu lembek hingga gampang digiling.

Kerjakan proses pemrosesan tanah liat ini sampai didapat pencampuran bahan baku yang betul-betul rata serta strukturnya lebih padat. Jumlahnya penggilingannya sendiri dapat sampai 3-5 kali. Proses penggilingan ini mesti dikerjakan dengan cepat agar karakter bahan baku tidak sudah terburu beralih atau rusak. Umumnya mesin penggiling tanah ini dengan automatis akan membuat tanah jadi kotak-kotak sesuai dengan ukuran genteng yang akan diciptakan.

Step 3. Pencetakan Tanah Jadi Genteng

Proses pencetakan genteng tanah liat harus juga ditangani memakai mesin pencetakan spesial berbentuk mesin pres. Sebelum dimasukkan ke mesin ini, tanah liat yang telah dibuat kotak-kotak oleh mesin penggiling butuh dipipihkan terlebih dulu dengan memukul menggunakan batang kayu. Perihal ini mempunyai tujuan untuk memadatkan tanah serta menyesuaikannya dengan ukuran mesin. Hasil cetakan tanah liat berbentuk genteng yang masih tetap basah diangkat untuk dipindahkan ke tempat penjemuran.

Tahan 4. Pengeringan Genteng yang Basah

Proses pengeringan genteng yang masih tetap basah dapat dikerjakan lewat beberapa cara. Beberapa pengrajin biasanya sesuaikan cara yang dipakai dengan keadaan cuaca. Beberapa salah satunya yakni :

Pengeringan memakai cahaya matahari. Genteng yang masih tetap basah dijemur dibawah cahaya matahari langsung saat 4-5 hari.
Pengeringan lewat cara diangin-anginkan. Genteng yang masih tetap basah ditempatkan di gudang terbuka saat 10-15 hari. Angin akan mengeringkannya.
Pengeringan menggunakan oven. Hasilnya cuma menghabiskan waktu saat 2 hari. Namun, cara ini memerlukan cost yang begitu mahal.

Step 5. Penghalusan Permukaan Genteng

Kualitas satu genteng tanah liat diantaranya dipastikan oleh struktur permukaannya. Pengrajin pasti inginkan harga jual genteng bikinannya mahal. Di lain sisi konsumen ingin membayar genteng di harga yang tambah tinggi seandainya memperoleh genteng yang berkualitas bagus. Oleh karenanya dibutuhkan usaha penghalusan untuk tingkatkan kualitas genteng. Mengenai langkah melembutkan permukaan genteng dari sisa-sisa tanah yang melekat dapat dikerjakan dengan disisiki/kesik.

Step 6. Pembakaran Genteng

Genteng tanah liat yang sudah dijemur lalu dibakar dalam tempat pembakaran spesial. Tungku pembakaran genteng ini dimaksud dengan permanen. Saat proses pembakaran tengah berjalan, suhu di dalamnya dapat sampai 600 derajat celsius. Proses pembakaran ini dikerjakan untuk memperdalam genteng tanah liat yang masih tetap 1/2 jadi. Sesudah masak, jadi susunan genteng itu bisa menjadi tambah lebih kuat, lebih padat, serta lebih kuat. Genteng tanah liat yang sudah dibakar siap untuk dipakai menjadi material atap rumah.

Lumayan sasah ya? Jika Anda merasa tidak mau repot, Anda bisa membelinya genteng yang sudah jadi di www.infohargamaterial.com. Sekian semoga membantu.