Cara Menjaga Keimanan Agar Tidak Turun – Tingkat keimanan seseorang kadang kala naik kadang kala turun, untuk itu bagaimana cara kita menjaga keimanan kita agar stabil ?. Pada pertemuan ini kita akan membahas beberapa kita agar tingkat keimanan seorang muslim minimal stabil dan cenderung naik.

Keimanan merupakan modal utama kita untuk mendapatkan ampunan yang berhadiahkan surganya Allah Ta’ala, tanpa keimanan mustahil seseorang itu akan masuk kedalam golongan orang orang beriman yang mendapat perlindungan serta kasih sayang Allah Ta’ala. Namun dalam kehidupan sehari hari terkadang pasang surut iman itu sering sekali terjadi, terlebih lagi jika diri kita berada pada posisi yang terdesak dengan permasalahan hidup, maka banyak dari kita yang tumbang keimanannya lantaran hal tersebut. Dan untuk menjaga keimanan agar tidak turun drastis yang menjerumuskan kita kedalam keingkaran maka simak tips tips berikut ini.

Tips Menjaga Keimanan Agar Tidak Turun

Berikut ini tips tips yang bisa kita lakukan ketika keimanan kita sedang turun.


1. Mendengarkan Ceramah Agama

Salah satu cara menjaga keimanan kita ketika sedang turun adalah dengan mendengarkan ceramah Agama, mendengarkannya pun bisa dengan cara mendatangi majelis majelis secara langsung atau bisa mendengarkannya melalui mp3 ceramah atau video ceramah yang banyak tersedia di internet.

Dengan kita mendengarkan ceramah maka banyak nilai positif yang akan kita dapatkan sehingga diri kita termotivasi untuk terus mengerjakan hal hal positif yang berpotensi meningkatkan rasa keimanan kita atau minimal menstabilkan rasa keimanan kita. Namun jika kita jarang menerima nasihat melalui ceramah maka sudah bisa dipastikan tingkat keimanan seseorang itu akan turun, terlebih lagi jika sering berkumpul dengan orang orang yang tingkat keimanannya rendah yang sering memandang remeh urusan Agama.

2. Berkumpul Dengan Orang Orang Shalih

Dengan kita sering berbaur dengan orang-orang sholih maka rasa keimanan kita akan terjaga, karena orang orang sholih pastilah mereka takut terhadap Rabb-Nya dan selalu mengerjakan amalan amalan yang bisa mendatangkan pahala dan meningkatkan iman. Dengan begitu diri kita akan terbawa untuk terbiasa mengerjakan amalan amalan yang di ridhoi oleh-Nya.

3. Berpuasa

Puasa merupakan tameng terbaik untuk kita manusia, karena dengan berpuasa baik itu yang wajib ataupun yang sunnah akan mengekang hawa nafsu dunia yang bisa menurunkan rasa keimanan pada diri kita. Berpuasa juga bisa meningkatkan rasa keimanan kita terhadap Allah Ta’ala, karena orang yang berpuasa akan mendapat ganjaran langsung dari Allah Ta’ala dan mereka (orang-orang yang berpuasa) akan dicintai oleh Allah Ta’ala.

4. Bersedekah

Berbagi kepada sesama merupakan salah satu cara untuk menentramkan hati dan meningkatkan keimanan, orang yang gemar untuk berbagi maka hidupnya akan lebih tentram dan nyaman sehingga mereka tidak tamak terhadap dunia ini, dan sifat tamak merupakan sifat yang bisa menurunkan tinggkat keimanan seseorang, dan bersedekah adalah salah satu cara untuk mendatangkan rizki yang berkah dan baik dari Allah Ta’ala.

5. Membaca Al Quran

Al Quran berisikan petunjuk yang bisa kita jadikan pedoman dalam hidup, dengan membaca Al Quran hati kita akan menjadi tentram dan nyaman sehingga kita akan mudah teringat dengan Allah Ta’ala yang mana hal tersebut dapat meningkatkan rasa keimanan diri kita.

6. Menjaga Sholat Malam

Selain mengerjakan sholat yang wajib selama 5 waktu dalam sehari semalam, maka untuk menjaga keimanan kita tetap terjaga dan meminimalisir penurunan keimanan maka hendaknya kita menjaga sholat malam atau sholat tahajud kita.

Sholat tahajud adalah ritual ibadah yang sangat dianjurkan setelah sholat wajib, karena Allah Ta’ala turun kelangit langit dunia ketika sepertiga malam yang terakhir dan pada waktu itu adalah waktu yang mustajab untuk berdoa memohon ampunan dan sholat malam adalah sholat yang bisa mengingatkan kita bahwasannya diri kita ini lemah dan tak berdaya.

7. Berdoa

Berdoa adalah senjatanya umat islam, hendaknya kita memohon kepada Allah Ta’ala agar melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita sehingga rasa keimanan kita bisa terus bertambah setiap waktu dan sampai pada akhirnya kita bisa hidup zuhud.

Berdoa sendiri sangat dianjurkan kepada kita sebagai seorang hamba, jika kita tidak mau berdoa kepada Allah Ta’ala maka Allah akan mencabut rasa iman dan takwa dari dalam diri kita dan kita akan termasuk kedalam orang orang yang tidak bersyukur terhadap nikmat yang Allah Ta’ala berikan dan nikmat terbesar seorang muslim adalah nikmat iman.

Selain beberapa kiat atau cara cara menjaga keimanan agar tidak turun yang ada diatas, masih banyak lagi tipa atau cara lainnya yang tidak bisa kami sampaikan semuanya disini. Setidaknya kita bisa mengamalkan 7 point diatas maka insyaallah rasa keimanan kita akan stabil.