Arsitektur Rumah Adat Sumatera Utara

Batak adalah suatu suku di Sumatera Utara. Suku ini mempunyai rumah adat yang bernama Rumah Bolon. Jika di artikan bolon adalah besar, berarti rumah bolon adalah rumah besar sebab memang ukurannya yang lumayan besar. Menurut pengamatan dari kontraktor rumah terbaik Perancang arsitektur rumah Bolon ini adalah arsitektur kuno Simalungun. Rumah adat ini sekaligus juga jadi lambang status sosial penduduk Batak yang tinggal di Sumatera Utara.
Dahulu rumah adat ini ditempati orang para raja di Sumatera Utara. Ada 13 kerajaan yang bergantian mendiami rumah Bolon, yakni Tuan Ranjinman, Tuan Nagaraja, Tuan Batiran, Tuan Bakkaraja, Tuan Baringin, Tuan Bonabatu, Tuan Rajaulan, Tuan Atian, Tuan Hormabulan, Tuan Raondop, Tuan Rahalim, Tuan Karel Tanjung, serta Tuan Mogang.

kontraktor rumah terbaik

kontraktor rumah terbaik

Tapi sekarang rumah bolon berubah menjadi rumah adat serta jadi tempat wisata di Sumatera Utara. Walau sekarang ini masyarakatnya mendirikan rumah dengan model arsitektur baru, tetapi tidak meninggalkan tradisi rumah adat. Tampak dari bangunan-bangunan baru yang berdiri masih tetap memakai konsep arsitektur rumah Bolon.

Beberapa bahan bangunan terdiri dari kayu dengan tiang-tiang yang besar serta kuat. Dinding dari papan atau tepas, lantai pun dari papan sedangkan atap dari ijuk atau daun rumbiah. Rumah adat ini tidak memakai paku sebagai penyatunya , tetapi diikat kuat dengan tali.


Rumah Bolon mempunyai kolong (sisi bawah rumah) yang tingginya kurang lebih 2 meter. Kolong itu umumnya dipakai untuk tempat memelihara hewan, seperti babi, ayam, dan lain-lain. Dulu, yang seringkali dipelihara ialah kerbau.Karena cukup terlalu tinggi, jadi untuk masuk ke dalam rumah perlu dibantu dengan tangga dengan jumlahnya anak tangganya tetap ganjil. Untuk masuk rumah itu harus menunduk sebab pintunya lumayan pendek serta memiliki ukuran kecil, kurang dari satu meter. Ini mengisyaratkan jika seorang mesti menghargai tuan rumah lewat cara menunduk waktu memasukinya, sibaba ni aporit, yang berarti menghargai pemilik rumah seperti kunjungan dari tim kami kontraktor rumah terbaik.

kontraktor rumah terbaik

Menurut ulasan dari website kontraktor rumah terbaik Pintu masuk rumah adat ini, dahulunya mempunyai dua jenis daun pintu yakni daun pintu yang horizontal serta vertikal. Tapi saat ini daun pintu yang horizontal tidak digunakan kembali. Ruangan di rumah adat tesebut adalah model ruangan terbuka tiada kamar-kamar. Walau demikian, bukan bermakna tidak ada pembagian ruang. Di rumah adat ini pembagian ruang dibatasi oleh tradisi mereka yang kuat
Di bagian depan rumah Bolon, persisnya diatas pintu ada gorga, satu lukisan berwarna merah, hitam, serta putih. Umumnya ada lukisan hewan seperti cicak, ular atau kerbau. Keindahan rumah Bolon masih tetap terus berlanjut. Atap sebagai pelindung rumah mempunyai keunikan yang unik. Dua ujung lancip di depan serta di belakang. Akan tetapi ujung di bagian belakang lebih panjang supaya keturunan dari yang mempunyai rumah lebih sukses nanti.