Dengan hanya mengubah dinding solid menjadi dinding tak masif, sang arsitek berhasil mengubah apartemen ini menjadi lebih lapang dan elok. Terbatas, Inilah yang dirasakan Arif Sentosa dan Angela Catharina saat melihat ukuran apartemen yang dibelinya. Arif merasa area terbuka dapur, ruang makan, dan ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga hanya memiliki lebar 2,2m. Sangat kecil. “Saya dan istri merasa ada ketidakstandaran ukuran dibanding dengan apartemen lainnya yang ada di Jakarta.

Biasanya, lebar standar apartemen 3m, sementara di sini hanya 2,2m. Developer sepertinya mengedepankan luas ruang tidur yang lebar, tetapi ruang lain dipersempit,” ucap Arif. Lantaran ruang terlalu sempit, Arif merasa jadi tidak nyaman.

jual genset perkins untuk apartemen

Ia juga awalnya bingung saat harus meletakkan furnitur dan TV . Tetapi, sebagai seorang arsitek, Arif harus mencari solusi agar ruang apartemen yang dibelinya ini tetap nyaman dihuni. Dengan bantuan istrinya yang ahli di bidang interior, ia pun melakukan sedikit perubahan di hunian mungilnya.


AWALNYA AKAN DIBONGKAR SEMUA

Untuk menghasilkan desain yang sekarang, Arif mengaku butuh beberapa kali diskusi dengan sang istri. Awalnya, mereka berencana membongkar semua dinding penyekat kecuali dinding kamar mandi. Namun, hal itu dibatalkan karena beberapa alasan. Arif khawatir kehilangan priv asi jika dinding kamar dibongkar. Tanpa dinding, tamu yang berkunjung dapat melihat seluruh apartemen.

Selain itu, di dekat pintu ruang tidur terdapat jaringan listrik dan panic button atau tombol panik yang terhubung ke sekuriti keamanan gedung. Tombol ini menghubungkan pemilik rumah dengan petugas keamanan, dan dapat digunakan jika ada kebakaran, maling, perampokan, atau hal buruk lainnya di dalam apartemen. Awalnya Arif ingin memindahkannya, namun ternyata untuk izinnya tak mudah. Mereka pun akhirnya membatalkan rencana ini.

SOLID KE TAK MASIF

Karena rencana awal batal, Arif dan Angela membuat rencana baru. Dinding masif antara ruang tamu dan ruang tidur dibuat menjadi dinding tak masif. Walau tak penuh, Arif menilai dinding ini tetap mampu memberi kesan privat, karena hanya area tempat tidur yang terlihat. Area lemari dan ganti baju tak terlihat dari ruang tamu.

Selain itu, dinding ini dinilai mampu memberi kesan luas terhadap ruang. “Kalau dindingnya solid kan pandangannya mentok, sedangkan dengan dinding ini orang yang sedang duduk di ruang keluarga masih memiliki pemandangan luas,” ucap Arif. Ini yang membuat ruang tamu atau ruang keluarga yang hanya selebar 2,2m ini terlihat luas.

JADI MENARIK

Perubahan dinding dari solid ke transparan ini tak hanya membuat ruang tampak luas, tetapi juga memberi aksen menarik yang enak dilihat. Selain itu, pada dinding ini dapat diletakkan aksesori kecil yang mempercantik tampilan apartemen. Dinding transparan ini dibuat menyatu dengan rak TV dan lemari penyimpanan. Uniknya, rak TV ini bisa diputar, sehingga acara TV bisa dinikmati dari ruang tamu dan ruang tidur. “Jadi, tak perlu membeli dua TV . Ini bisa meminimalisasi biaya.” ucap Arif. Siasat yang cerdas!

Sebuah apartemen tentunya sudah dilengkapi dengan sebuah genset dengan kapasitas yang besar. Genset dengan harga murah bisa didapatkan melalui distributor genset diesel 1000 Kva di Medan. Selain harga murah, terdapat garansi dan semua mesin original.