Mewaspadai Kacang Pahit Penyebab Kanker – Akhir-akhir ini terbetik berita, ada sejumlah nama yang dikenal masyarakat, mulai dari pejabat, artis terkenal sampai seniman terkenal, meninggal dunia akibat penyakit hati (lever). Memang, di samping penyakit jantung dan pembuluh darah, penyakit hati sering dianggap sebagai momok, karena tidak jarang mengakibatkan kematian setelah menderita penyakit ini dalam jangka waktu lama. Namun, bukan berarti sama sekali tidak dapat diatasi. Akibat yang fatal umumnya karena kondisinya sudah demikian parah. Dengan mendeteksinya secara dini,penyakit ini jarang berakibat fatal. Celakanya, dalam tahap awal jarang menimbulkan keluhan, kecuali setelah stadium lanjut.

Mewaspadai Kacang Pahit Penyebab Kanker

Mewaspadai Kacang Pahit Penyebab Kanker

Banyak hal yang tampaknya disepelekan dan jarang diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari, ternyata justru merupakan penyebab atau mempermudah timbulnya penyakit hati. Tragisnyta, sebagian besar justru menyangkut kebiasaan hidup kita sehari-hari.

Gejala Tidak Khas


Karena tidak menunjukkan gejala yang khas, maka tidak mudah tanpa smart detox untuk menentukan apakah seseorang mengidap penyakit hati. Tidak jarang dokter sempat dibuat pusing, karena tidak tampak gejala yang berarti. Gejala dan tanda mulai tampak bila penyakit ini terus berkembang, misalnya penderita menjadi lesu, cepat lelah, kaki maupun perut membengkak. Perut yang membengkak karena terdapat timbunan cairan dalam rongga selaput perut, yang dikenal dengan istilah asites (ascites). Di sini cairan yang menumpuk bisa hanya beberapa liter, tetapi adakalanya sampai berbelas atau berpuluh-puluhliter, mirip perut sapi glonggongan layaknya.

Adanya penyakit biasanya baru diketahui setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium oleh dokter, terutama pada stadium awal. Umumnya orang awam berasumsi bahwa gejala penyakit hati dapat dilihat dari warna kulit atau mata yang ÔÇťmenguningÔÇŁ. Bahkan ÔÇťpenyakit kuningÔÇŁ selalu diasosiasikan dengan penyakit hati, padahal bisa saja tidak menunjukkan tanda ÔÇťkuningÔÇŁ. Penyakit ini dapat menyerang semua usia, tetapi paling bayak mulai diidap golongan usia 40-50 tahun. Di Indonesia banyak pula menyerang usia 30-40 tahun, akibat kekurangan gizi, terutama protein. Penderita banyak berasal dari kalangan sosial ekonomi rendah, karena kurang mampunya memenuhi makanan yang mengandung cukup protein.

Perdarahan

Ada yang khas pada penyakit ini, yaitu terjadi muntah darah (hematemesis). Hal ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah yang membesar pada lambung bagian atas. Dalam keadaan normal pembuluh ini tidak membesar. Namun, pada penyakit hati yang menahun (kronis), dapat terjadi kerusakan jaringan hati dan sebagai ganti jaringan yang rusak ini jelas tidak sama dengan jarigan hati, terutama fungsinya.

Meskipun demikian, penderita masih dapat hidup, meskipun sebagaian besar jaringan hatinya telah digantikan oleh jaringan ikat. Aliran darah yang mengalir ke organ hati tetap tidak berubah. Bila saluran yang bisa dilalui darah mengalami hambatan karena ada jaringan ikat, sebagai kompensasi, aliran darah yang jual smart detox di banyak tadi dialihkan  ke saluran pembuluh darah kecil yang dapat dipakai. Akibatnya, pembuluh darah ini akan berusaha semaksimal mungkin menyalurkan aliran darah yang datang ke organ hati.

Lebih lanjut yang terjadi adalah, pembuluh darah ini membesar, antara lain pembuluh darah di lambung bagian atas dan saluran pencernaan bagian bawah. Kondisi ini sangat membahayakan, karena dengan masukannya makanan yang keras atau minum obat-obatan tertentu, akan merusak pembuluh darah tersebut, sehingga menimbulkan perdarahan hebat. Bahkan, sebagian penderita yang hanya mengejan ketika buang air besar saja, telah dapat menimbulkan perdarahan. Hal ini diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil tadi. karena itu, penderita biasanya jatuh pada kondisi ÔÇťkurang darahÔÇŁ (anemia) akibat perdarahan.

Kacang Pahit

Sebagaimana telah dikemukakan, bahwa kebiasaan hidup sehari-hari termasuk kebiasaan makan, akan mempermudah timbulnya penyakit hati. Pria lebih banyak menderita penyakit hati, karena deiduga pria lebih sering berada di luar rumah karena pekerjaannya, sehingga sering pula makan diluar rumah. padahal kebirsihan. Termasuk kebersihan makanan, merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyakit hati.

Penggemar makan kacang perlu waspada karena tidak jarang kacang pun ikut andil dalam menimbulkan penyakit hati, terutama kanker hati. Kacang yang terasa pahit atau mulai membusuk, harus  segera di buang, jangan dimakan. Kacang seperti ini mengandung zat karsinogenik yang mudah menyebabkan kenker, bernama aflatoksin. Memanga proses untuk menjadi kanker membutuhkan waktu yang cukup lama, di samping tergantung takaran racun yang masuk, juga masih banyak faktor lain di luar makanan tersebut yang dapat menimbulkan kanker hati. Meskipun demikian cukup beralasan untuk membuang atau tidak mengkonsumsi kacang yang rasanya pahit atau telah mulai membusuk. Sebelum memakan kacang, sebaiknya kita singkirkan dulu yang tampak sudah mulai membusik. Seandainya sewaktu mengunyah ada yang terasa pahit, segera muntahkan, jangan langsung menelannya.

Di samping pemilihan jenis makanan yang baik, cara mengunyah makanan tanpa tergesa-gesa, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Minuman beralkohol juga berpotensi untuk menimbulkan penyakit hati. Hidup teratur, terutama olahraga secara teratur, sangat dianjurkan.