Di Pulau Jawa ada kekayaan budaya yang diantaranya berada di propinsi Jawa Barat. Jawa Barat mempunyai bermacam suku diantaranya Suku Sunda serta Suku Badui, tidak hanya keberagaman suku berlainan juga dari baju kebiasaan Jawa Barat yang dikenakannya.

Suku sunda saat ini telah menebar ke pulau – pulau lainnya di semua Indonesia, bukan sekedar berada di Jawa Barat saja. Namun penduduk sunda kental yang ada di luar Jawa Barat masih tetap memiliki jiwa untuk menjaga peninggalan budaya dari leluhurnya salah satunya baju kebiasaan yang dipakai pada suatu acara seperti upacara kebiasaan, tari – tarian, ini umumnya dipakai ikut untuk mendatangi dalam penentuan.

Suku Sunda di saat dulu memiliki 3 type baju kebiasaan yang diurutkan dari sisi strata sosial. Sekarang tidak laku kembali bahkan juga baju kebiasaan sunda telah jadi baju sah tiada lihat strata sosial bahkan juga biasa dipakai untuk proses pengantin sunda.


Nama Baju Adat Jawa Barat

Baju Adat Jawa Barat

Baju Adat Jawa Barat

1. Baju Adat Sunda Untuk Rakyat Jelata

Baju kebiasaan Jawa Barat terutamanya sunda dapat disebutkan tidaklah terlalu spesial. Golongan lelaki menggunakan celana panjang sampai betis serta di ikat memakai kain atau kulit. Untuk sisi atas kenakan pakaian salontren serta sarung poleng diatur menyilang dipakai saat pekerjaan sehari-harinya.

Baju kebiasaan sunda memakai ikat logen untuk tutup kepala yang berupa barangbang semplak dan untuk alas kaki cukuplah memakai sandal tarumpah.

Buat baju kebiasaan sunda buat kaum hawa kenakan kain batik untuk bawahan, beubeur untuk ikat pinggang, serta kamisol untuk bra. Untuk mempercantik penampilan untuk wanita biasa memakai rambut hiasan dalam jucung bun, gelang akar bahar, serta cincin polos tetapi untuk alas kaki cukuplah memakai sandal jepit atau sandal keteplek.

Menjadi contoh baju kebiasaan sunda untuk rakyat jelata seperti yang dipakai pada kang kabayan serta Nyi Letung pada film monitor kaca dan Ki Lengser dalam acara Mapag Penganten Sunda. Golongan jelata lebih cenderung pada orang buruh tani yang berada di jawa barat.

2. Baju Kebiasaan Sunda Untuk Golongan Menengah

Baju kebiasaan Jawa Barat satu ini lebih sama pada orang pedagang atau saudagar. Yang pasti strata sosial tambah tinggi dibanding rakyat jelata.

Baju kebiasaan sunda yang dipakai oleh golongan pria kenakan pakaian bedahan putih, kain kebat batik, alas kaki dengan tarumpah dan ikat kepala, umumnya dia memberikan aksesori lainnya yang digantungkan pada saku pakaian berbentuk jam tangan rantai emas.

Sedang baju kebiasaan Jawa Barat untuk wanita memakai kain kebat batik menjadi atasan, beuber, selendang dan perlengkepan hiasan yang lainnya.

3. Baju Kebiasaan Sunda Untuk Bangsawan

Untuk baju kebiasaan golongan bangsawan pria yang dipakai ialah jas tutup yang bahan basic beludru hitam dengan hiasan sulaman benang emas di ujung serta pinggir lengan, kain dodot dengan motif rengreng, sabuk emas, celana panjang, bendo, sabuk emas serta selop hitam.

Sedang pada golongan bangsawan wanita kenakan kebaya memiliki bahan basic seperti golongan pria, kain kebat, alas kaki yang dihias dengan manik-manik. Untuk percantik penampilan buat kaum hawa memberikan tusuk konde pada rambut yang disanggul, peniti rantai, serta bros.

Itulah Nama Baju Adat Jawa Barat dan juga keterangannya yang perlu diketahui. Sekian semoga artikel ini bisa bermanfaat.