Serba Serbi Seputar Gazebo

 

Anda seorang penggemar mebel?? pasti anda sudah tidak asing dengan yang namanya Gazebo, atau yang sering di sebut orang Indonesia sebagai saung. Perlu diketahui, gazebo sendiri konon kehadirannya, terinspirasi dari gubuk kecil yang ada di tengah persawahan, yang kebanyakan ada daerah pulau jawa. Biasanya, gubuk tersebut mempunyai fungsi yang cukup strategis di tengah persawahan, fungsi utamanya adalah sebagai tempat mengawasi area persawahan dari hama-hama seperti burung atau juga tikus yang merusak padi, serta untuk beristirahat, sembari menikmati makanan untuk mengganjal perut.

Namun gubuk ini juga mempunyai fungsi lainnya, yaitu untuk di jadikan tempat berlindung sekaligus bersantai, atau dijadikan tempat untuk menjamu tamu, dan lainnnya. Jadi, konsep ini lah yang membuat gazebo di fungsikan seperti gubuk kecil di tengah persawahan, yaitu sebagai tempat bersantai dan menghabiskan waktu bersama.

Gazebo, gubuk kecil di halaman rumah yang memiliki banyak fungsi

Gazebo banyak di bangun di dalam pekarangan rumah dan tetap mempertahankan fungsi dan juga bahan utamanya yang kebanyakan terbuat dari bambu, meskipun saat ini juga telah banyak bermunculan gazebo yang di buat dari kayu, rotan, dan bahan-bahan lainnya.


Ada beberapa perbedaan kekuatan antara gazebo kayu, bambu maupun rotan, ketiga bahan di atas sendiri merupakan bahan tradisional pembuatan berbagai bangunan di Indonesia, meskipun mempunyai serat yang berbeda namun ada kelebihan masing-masing dari ketiganya.

Seperti Gazebo kayu kelapa yang mempunyai serat yang lebih padat, menjadikan bahan ini cukup kuat untuk di jadikan sebagai bahan bangunan, namun kekurangan dari bahan yang satu ini adalah tidak tahan terhadap rayap dan juga api tentunya.

Sedangkan rotan dan bambu mempunyai serat yang lebih renggang dan terlihat lebih lentur namun kuat, selain itu keduanya juga mampu menyerap elemen-elemen udara di sekitarnya dengan sangat baik, Dan tentunya dari sisi harga, bambu atau rotan lebih terjangkau dibandingkan kayau.

Namun tentunya ada sisi kekurangannya, dimana kedua bahan ini tidak memiliki daya tahan yang cukup lama di bandingkan dengan kayu apalagi beton. Jadi meskipun harganya lebih murah, dari sisi keahanan, bambu bisa dibilang kurang awet. Sengatan panas matahari serta guyuran air hujan yang silih berganti membuat bahan ini mudah lapuk.

Nyatanya bukan hanya di Indonesia, Gazebo saat ini juga banyak dijumpai di rumah-rumah di negara Eropa. Bangsa eropa mengadopsi konsep gazebo untuk di gunakan sebagai lokasi bersantai dengan view yang biasanya langsung menghadap ke tempat-tempat strategis seperti pantai, taman, perkebunan, ataupun pegunungan. Namun bedanya, gazebo di kebanyakan negara eropa dan Amerika adalah gazebo yang di buat dari beton dan juga semen.

cari yang jual gazebo kayu kelapa  atau pun kayu lainnya dengan  kualitas yang terbaik

Nah itulah diatas sekelumit mengenai gazebo yang bisa kami bagikan untuk anda, semoga bermanfaat.