Fungsi invoice ialah mempermudah aliran uang dalam transaksi bisnis. Sehingga, menulis invoice dengan efektif menjadi suatu keharusan. Banyak contoh invoice yang bisa Anda lihat melalui Internet. Tidak perlu bingung lagi menentukan bentuk invoice yang tepat untuk bisnis Anda. Sebab, paper.id sudah menyiapkan template yang lengkap. Jadi, Anda tinggal pilih saja mana yang cocok dan sesuai dengan bisnis Anda.

Seorang desainer grafis dapat melihat berbagai jenis klien, ada beberapa yang memiliki bisnis besar dan ada juga beberapa memiliki vendor kecil. Namun kualitas dan keunggulan kerja tidak harus substansial karena itu merupakan tugas Anda untuk melakukan yang terbaik yang Anda bisa. Untuk menjaga standar yang baik dan menghindari kesalahpahaman mengenai tarif yang Anda ajukan kepada klien, sebaiknya beri tahu mereka secara langsung melalui email atau telpon.

Tips Menulis Invoice Penagihan Agar Mendapatkan Pembayaran Dengan Cepat

Tips Menulis Invoice Penagihan Agar Mendapatkan Pembayaran Dengan Cepat

Salah satu cara yang baik untuk hal tersebut adalah dengan menggunakan invoice atau faktur.Invoice atau faktur ini digunakan untuk membuat klien atau pelanggan Anda tahu berapa jumlah tarif yang Anda berikan atas jasa pekerjaan Anda. Semuanya ditulis dengan jelas dan tidak boleh ada biaya tersembunyi sehingga klien bisa menyiapkan semuanya dengan lebih mudah sebelum mulai bekerja sama dengan Anda. Hal ini bisa mempertahankan tingkat kepercayaan klien terhadap bisnis Anda. Mendapatkan pembayaran dengan cepat juga menjadi hal yang penting. Berikut penjelasannya.


Tips Menulis Invoice Penagihan Online Agar Mendapatkan Pembayaran Dengan Cepat

Berikut ini beberapa tips dalam menulis invoice agar mendapatkan pembayaran dengan cepat, diantaranya:

  • Invoice Pembayaran Wajib Mudah Dimengerti

Jangan persulit pelanggan Anda saat mengidentifikasi barang atau produk apa saja yang sudah dipesan. Jadi, tulis daftar barang secara lengkap mulai dari nama, ukuran, jenis, bahan dll. Sehingga, mereka akan mengingat lalu melunasi hutangnya. Jangan lupa sertakan logo perusahaan dalam invoice. Selain tampil lebih profesional, Logo juga membuat invoice dibuat gampang dikenali oleh klien atau pelanggan. Anda bisa menggunakan template contoh invoice yang telah disediakan paper.id.

  • Jangka Waktu Invoice

Sangat penting untuk diperhatikan saat menulis jangka waktu invoice tagihan. Jangan menulis sesuai deadline Anda, tapi buat lebih pendek dari deadline. Sebagai contoh, bila  ingin konsumen membayar invoice dalam jangka waktu 30 hari, maka buatlah jatuh temponya 20 hari. Hal ini bertujuan untuk menghindari pelanggan yang mungkin terlambat membayar.

  • Metode Pembayaran yang Fleksibel

Semakin terbatas metode pembayaran yang Anda tawarkan, maka kemungkinan akan semakin sulit bagi pelanggan untuk melunasinya. Akibatnya, mereka akan menunda-nunda waktu pembayaran. Namun, jika Anda sudah menyiapkan banyak alternatif metode pembayaran, maka pelanggan bisa melakukan pembayaran kapan pun dan di mana pun.

  • Mengirimkan Invoice pada Orang yang Tepat

Jangan sampai Anda salah orang ketika memberikan tagihan, karena bisa menyebabkan invoice Anda tidak segera diproses. Sehingga, pastikan Anda memberikannya pada bagian akuntan atau orang lain yang bertanggung jawab mengenai hal itu.

Jika Anda masih bingung bagaimana bentuk template invoice yang akan Anda buat, segera saja kunjungi web paper.id. Template invoice ini bisa Anda dapatkan secara gratis.